Minggu, 23 Januari 2011

Rumah Bunga Rizal (Peluang Bisnis Tanaman Hias)


Rumah Bunga Rizal adalah sebuah kebun produksi yang berlokasi di daerah Lembang, Jawa Barat. Rumah Bunga Rizal berdiri sejak 33 Tahun lalu, bermula dari hobi yang akhirnya mengantarkan Rumah Bunga Rizal untuk membudidayakan berbagai macam jenis anggrek, kaktus, serta tanaman hias lain. Seiring dengan berlalunya waktu Rumah Bunga Rizal mulai memproduksi pula sejumlah produk kreatif penunjang hobi dan berkebun. Misalnya saja, cover pot, kawat penyangga tanaman, kawat gantung, dan lain-lain. Semuanya itu buatan tangan, dengan mutu yang Rumah Bunga Rizal jaga betul demi kepuasan konsumen.
Gambar 1. Rumah Bunga Rizal

Pada tahun 2002, Rumah Bunga Rizal memutuskan untuk mengubah konsep kebun produksi menjadi kebun wisata. Rumah Bunga Rizal berbenah. Berusaha memberi pelayanan lebih baik dengan menawarkan suasana kebun yang nyaman dan bersih, ditambah juga dengan menyediakan aneka makanan, minuman, dan es krim yang dapat dipesan oleh pengunjung. Sensasi yang Rumah Bunga Rizal tawarkan adalah suasana rumah yang enak untuk dinikmati bersama keluarga atau teman dekat. Tempat Rumah Bunga Rizal terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung, Rumah Bunga Rizal mulai buka dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore setiap harinya, termasuk juga pada saat hari libur. 


PROFIL PETANI

Pemilik Rumah  Bunga Rizal yang terletak di Jalan Raya Maribaya KM 2,4 Lembang, Bandung ini bernama Rizal Djaafarer. Beliau menyelesaikan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi negeri tekhnik di Kota Bandung. Setelah lulus beliau bekerja sebagai seorang arsitek selama 3 tahun, karena merasa jenuh dengan rutinitas kerja yang beliau jalani, beliau memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tersebut dan memilih menjadi seorang petani bunga. Meskipun saat itu beliau masih memliki anak yang berusia 3 tahun

Sejak tahun 1985 beliau memulai bisnisnya dibidang tanaman hias dengan lahan  seluas 100 m2 disamping rumahnya, tanpa ilmu budidaya yang dikuasainya. Lahan tersebut digunakan untuk menanam tanaman kaktus dengan alasan beliau menyukai tanaman tersebut. Pada awal beliau menjalankan usaha ini beliau tidak mendapatkan dukungan dari keluarga maupunteman-teman. Namun hal tersebut tidak membuatnya gentar belaiu tetap bertekad meneruskan usaha ini. Hingga ahirnya sekarang beliau memiliki lahan seluas 2 ha dengan 17 orang tenaga kerja. Saat ini beliau mengembangkan usahanya dengan menanam aneka jenis anggrek dan juga membangun usaha restaurant di dalam rumah bunganya. 


DESKRIPSI  BISNIS


                Rumah Bunga Rizal memiliki lahan seluas 2 ha dengan tenaga kerja sebanyak 17 orang, yang kemudian dibagi ke dalam 5 divisi, yaitu :
  •   Divisi Pelatihan
  • Divisi Kuliner
  • Divisi Pemasaran
  • Divisi produksi
  • Divisi workshop
Rumah Bunga Rizal menyediakan produk dan juga jasa. Produk yang ditawarkan Rumah Bunga Rizal yaitu anggrek, kaktus, succulent, tanaman hias lainnya dan juga aneka ragam pot. Selain menjual produk tersebut Rumah Bunga Rizal juga menyediakan jasa pelatihan budidaya ditambah juga dengan menyediakan aneka makanan, minuman, dan es krim yang dapat dipesan oleh pengunjung. 




Anggrek adalah komoditas andalan yang dibudidayakan di kebun Rumah Bunga Rizal sejak tahun 1985. Utamanya Rumah Bunga Rizal memproduksi anggrek jenis Phalaenopsis (anggrek bulan), mulai dari bibit dalam botol, seedling, anggrek remaja, hingga berbunga. Namun anda juga dapat menemukan berbagai anggrek jenis lain di kebun Rumah Bunga Rizal, misalnya: Dendrobium, Cattleya, Vanda, Bulbophylum, dan masih banyak lagi.


Kaktus merupakan komoditas pertama yang Rumah Bunga Rizal budidayakan. Dimulai sejak tahun 1979, kaktus tetap diminati karena keunikan bentuk, keragaman warna, dan harganya yang relatif terjangkau. Inilah yang menjadikannya komoditas abadi yang selalu diterima pasar. Dengan tingkat perawatan yang relatif mudah, tanaman kaktus cocok bagi siapa saja. Mulai dari hobiis pemula hingga penggemar kaktus fanatik.

Succulent adalah istilah yang diberikan bagi sekelompok tanaman dengan karakteristik, salah satu atau lebih bagian tubuhnya dapat menyimpan air. Tentu dalam bayangan kita, teringat bahwa karakteristik semacam ini dimiliki juga oleh kaktus. Oleh karena itu, semua jenis kaktus adalah juga succulent, tapi tidak semua succulent adalah kaktus.




Selain memproduksi berbagai macam anggrek, kaktus, dan tanaman hias, Rumah Bunga Rizal juga memproduksi berbagai peralatan penunjang hobi dan berkebun. Contoh dari kategori ini misalnya kawat gantung berbagai ukuran, ring pot holder, pot batok kelapa dan lain sebagainya. Walaupun banyak juga orang yang mencoba meniru desain produk-produk kreatif ini, tetapi tetap tidak akan dapat menyamai kekhasan dan sentu han setiap detail produk hasil kreasi Rumah Bunga Rizal.



Suasana kebun yang nyaman dan  bersih, ditambah juga dengan menyediakan aneka makanan, minuman, dan es krim yang dapat dipesan oleh pengunjung. Sensasi yang kami tawarkan adalah suasana rumah yang enak untuk dinikmati bersama keluarga atau teman dekat.



Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam memelihara anggrek dapat berakibat pada pertumbuhan tanaman yang kurang baik, enggan berbunga, bahkan menyebabkan kematian. Tapi jangan khawatir Rumah Bunga Rizal pun menyediakan paket pelatihan teknis budidaya tanaman hias, khususnya anggrek dan kaktus. Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memperoleh informasi lengkap mengenai teknis budidaya, peluang pasar, dan prospek usaha skala pekarangan.
Paket pelatihan yang di tawarkan adalah :
1.      Paket Kalangan Pelajar
Khusus diperuntukkan kepada anak-anak sekolah yang dipandu melalui guru atau E.O. yang berkesempatan untuk melihat secara langsung proses budidaya. Materi disampaikan oleh instruktur yang berpengalaman. Melalui pelatihan ini, peserta akan mendapat pengalaman lapangan dan sekaligus keterampilan baru tentang perbanyakan tanaman hias. - Kompensasi biaya : Rp. 25.000 per orang siswa (biaya untuk instruktur + bahan-bahan peraga + hasil praktek berupa satu pohon tanaman yang dibawa pulang). - waktu : minimal 1 sampai 2 jam kunjungan untuk penyampaian materi.

2.      Paket Kalangan Umum
Ditujukan kepada hobiis tanaman hias, ibu-ibu rumah tangga, pelaku usaha pemula, dan lainnya. Pelatihan dibuka dengan jumlah peserta minimal 20 orang. - kompensasi biaya : Rp. 250.000 per orang
biaya untuk instruktur + sertifikat + makan siang + snack + makalah + bahan-bahan peraga). - waktu : minimal 3 jam kunjungan untuk penyampaian materi.

RENCANA PENGEMBANGAN


Bapak Rizal berencana mengembangkan usahanya dengan mengekspor produknya ke berbagai negara. Hal ini bertujuan agar negara mendapatkan devisa dari tanaman anggrek. Karena selama ini negara kita terus saja mengimpor tanaman anggrek dari luar negeri sehingga negara kehilangan devisa yang seharusnya kita terima sebesar 10 M setiap tahunnya.
Rencana pengembangan selanjutnya yaitu dengan meningkatkan omset dengan cara meningkatkan skala usaha, membuat produk dengan kualitas baik diatas pesaing dan melakukan promosi atau mengembangkan rantai pasar.
Rumah Bunga Rizal telah memiliki banyak prestasi dan penghargaan dariberbagai event. Diantaranya menjadi juara Anggrek di ASEAN.  


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar